Jaminan Kesehatan Aceh Berlanjut

26 Juli 2012

Jaminan Kesehatan Aceh Berlanjut

Banda Aceh - Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dalam sambutannya dihadapan peserta Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Aceh 2012 menegaskan, menyangkut dengan kesehatan merupakan tugas bersama. Ini menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan juga Pemerintah Kabupaten/ Kota.

Khusus Aceh tegasnya lagi, masalah kesehatan jauh lebih penting lagi. Hal ini disebabkan dalam Undang-undang Pemerintah Aceh (UUPA) Nomor 11 tahun 2006 ditegaskan dalam pasal 224,225, dan pasal 226 - di situ ditegaskan bahwa Pemerintah Provinsi, Pemerintah kabupaten/ Kota wajib memberikan pelayanan minimal sepanjang tidak bertentangan dengan Syari'at Islam.

"Menyangkut dengan kesehatan sudah menjadi keharusan sebagaimana amanah UUPA," tegas Zaini Abdullah Gubernur Aceh dalam sambutannya dihadapan Menkes RI pada acara Rakerkesda Aceh Rabu (25/7).

Dalam sambutannya, kembali Zaini tegaskan, Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) tetap akan dilanjutkan. Dimana Aceh 5 tahun terakhir telah berhasil meningkatkan status kesehatan masyarakat yang signifikan. Tentunya meningkatnya taraf kesehatan di Aceh dengan hadirnya JKA sebagai layanan gratis kepada masyarakat Aceh.

Sehingga dengan tetap berjalannya dengan perbaikan-perbaikan pelayanan JKA - target pembangunan kesehatan di Aceh akan tercapai sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Millenium Development Goals 2015.

"JKA telah terbukti sangat membantu peningkatan kesehatan masyarakat, oleh karenanya Pemerintah Aceh sekarang tetap melanjutkan JKA tersebut dengan memperbaiki diberbagai kelemahan-kelemahan yang ada selama ini," ungkap Zaini.

Program kesehatan gratis di Aceh yang lintas sosial-ekonomi mendapat apresiasi yang luar biasa dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia dr. Nafsiah M.boi, Sp.A, MPH. "Saya harus memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap JKA, dimana JKA tersebut menjadi terobosan baru dalam meningkatkan pembangunan kesehatan di Aceh dan telah berhasil," ujar dr. Nafsiah M.boi, Sp.A, MPH Menkes RI dalam sambutannya.

Tegasnya lagi, JKA ini yang lintas sosial-ekonomi akan menuju jaminan kesehatan yang universal coverage. Oleh karenanya, katanya lagi, harus terus tingkatkan kualitasnya dan terus berinovasi tentunya sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

 

Sumber : The Globe Journal

Follow Kami di:

Komentar
Email*
Nama
Website

 

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Jaminan Kesehatan Aceh Berlanjut
__link_footer__
© Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2013