jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Cakrawala - Jakarta, 14 Maret 2011

Oleh: Jamsos Indonesia 17 March 2011

Pelaksanaan sistem jaminan sosial nasional (SJSN) semakin dinanti banyak kalangan.  “SJSN dapat mengatasi hiruk pikuk kenaikan harga obat,” ujar Kai Arief Iman Selomulya, Ketua Badan Litbang dan Advokasi Hukum GP Farmasi.  Selengkapnya, klik berita “GP Farmasi Hanya Menunda Kenaikan Harga Obat’.

Jaminan sosial khususnya jaminan kesehatan sangat diperlukan untuk mencegah dan mengatasi masalah kemiskinan.  Gofur bersaksi di PN Jakarta Pusat tentang hal ini.  Kesakiannya diuraikan lengkap dalam berita “Meski Mampu, Negara Pilih Rugikan Rakyat Rp 117,2 T.

Kementerian Kesehatan juga bersiap-siap melaksanakan SJSN.  Rp 99,5 miliar dianggarkan untuk memetakan seluruh fasilitas kesehatan di tanah air. Baca selengkapnya pada “Pemerintah Segera Menilai Kinerja Seluruh Rumah Sakit dan Puskesmas”.

Siapa yang ingin miskin karena sakit? Tak seorangpun. Pelajaran berharga dapat kita simak dari kisah Mathous, maestro campur sari yang sekarang tak berdaya karena stroke.

Identitas minggu ini hadir menjawab pertanyaan, “Apa penyebab kemacetan pelaksanaan UU SJSN selama tujuh tahun?”  Belenggu sesat pikir! Oka Mahendra menyampaikan dengan gamblang enam sesat pikir dalam artikel “Pelaksanaan SJSN Tersandera Sesat Pikir”.

Sudahkah Anda memahami hak dan kewajiban dalam penyelenggaraan program jaminan kesehatan kelak ketika UU SJSN dilaksanakan?  Klik Rancangan Peraturan Presiden Tentang Jaminan Kesehatan dan baca telaahnya.  Kirim pendapat Anda di http://www.facebook.com.

 

Selamat berselancar......

Salam MARTABAT

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Jakarta, 14 Maret 2011
http://www.jamsosindonesia.com/cakrawala/jakarta_14_maret_2011
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2019