jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Cakrawala - Di Dalam Pintu Gerbang Kemerdekaan

Oleh: A. A. Oka Mahendra (Ahli Peraturan Perundang-Undangan Martabat) 16 August 2012

Tanggal 17 Agustus 2012 genap 67 tahun yang lalu bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Ada dua hal yang tidak boleh kita lupakan dari momentum historis tersebut.

Pertama, bahwa kemerdekaan yang merupakan buah dari perjuangan seluruh kekuatan bangsa Indonesia adalah atas berkat rakhmat Allah yang Maha Kuasa.

Kedua, bahwa kemerdekaan didorongkan oleh keingainan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas.

Karena itu, setiap peringatan hari kemerdekaan harus disambut dengan  rasa syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Kuasa.

Bersyukur artinya bangsa Indonesia tidak boleh menyia-nyiakan karunia Tuhan yang tak ternilai tersebut.

Keinginan luhur untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas hendaknya dimaknai membebaskan rakyat Indonesia dari kemiskinan,kebodohan dan keterbelakangan, dan dari ketergantungan kepada bangsa lain.

Jika perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah berhasil mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, maka proklamasi kemerdekaan telah mengatarkan bangsa Indonesia ke dalam pintu gerbang kemerdekaan.

 Di dalam pintu gerbang kemerdekaan itulah peri kehidupan bangsa Indonesia diurus secara arif  sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut perlu disinergikan pranata kebijakan ekonomi dan pranata kebijakan sosial yang berorientasi kerakyatan, keadilan dan kesejahteraan.

Salah satu pranata kenijakan sosial yang diamatkan dalam UUD Negara RI Tahun 1945 ialah sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat yang harus dikembangkan oleh Negara untuk memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan.

Sistem jaminan sosial ini, merupakan  pemenuhan hak setiap orang atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermanfaat, sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 28 H ayat (3) UUD Negara RI Tahun 1945.

Kerangka regulasi pada tataran Undang-Undang untuk pelasanaan sistem jaminan sosial tersebut telah diatur dalam UU SJSN dan UU BPJS, tinggal melengkapi dengan peraturan pelaksanaannya dan melakukan tranformasi kelembagaan sesuai dengan ketentuan UU BPJS.

Berfungsinya sistem jaminan sosial yang adekuat secara efektif dan efisien merupakan salah satu bentuk non military defend yang mampu menggalang solidaritas sosial dalam rangka memperkokoh ketahanan nasional bangsa.

Karena itu, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan diharapkan memberi perhatian yang lebih serius untuk barsama-sama melengkapi kerangka regulasi yang diperlukan, melakukan transformasi kelembagaan, memperluas kepesertaan dan meningkatkan manfaat  program jaminan sosial.

Mari kita jadikan peringatan HUT kemerdekaan RI ke 67 sebagai momentum membangkitkan kembali solidaritas sosial melalui pengembangan sistem jaminan sosial untuk seluruh penduduk.

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Di Dalam Pintu Gerbang Kemerdekaan
http://www.jamsosindonesia.com/cakrawala/di_dalam_pintu_gerbang_kemerdekaan
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2019