jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Cakrawala - BPJS BERHAK MEMBERI PELAYANAN TANPA DIHAMBAT PIHAK LAIN

Oleh: A. A. Oka Mahendra 18 November 2011

BPJS dibentuk semata-mata untuk kegiatan pelayanan publik, yaitu untuk menyelenggarakan program jaminan sosial sebagaimana ditentukan dalam UU SJSN. SJSN sendiri sebagaimana dikemukakan dalam Penjelasan Umum UU SJSN alinea ketiga, pada dasarnya merupakan program Negara yang bertujuan memberi kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Status BPJS adalah badan hukum publik berdasarkan UU BPJS.

Dalam melaksanakan keweangannya, BPJS menurut Pasal 12 UU BPJS berhak untuk:

  1. Memperoleh dana operasional untuk penyelenggaraan program yang bersumber dari Dana Jaminan Sosial dan/atau sumber lainnya, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan
  2. Memperoleh hasil monitoring dan evaluasi penyelenggaraan program jaminan sosial dari DJSN setiap 6 bulan.

TANPA DIHAMBAT PIHAK LAIN

Sebagai badan hukum publik penyelenggara pelayanan publik di bidang jaminan sosial, maka BPJS, seperti halnya penyelenggara pelayanan publik lainnya, memiliki hak  sebagaimana ditentukan dalam UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Pasal 14 UU No. 25 Tahun 2009 menentukan hak penyelenggara pelayanan publik sebagai berikut:

  1. Memberikan pelayanan tanpa dihambat pihak lain yang bukan tugasnya;
  2. Melakukan kerja sama;
  3. Mempunyai anggaran pembiayaan penyelenggaraan pelayanan publik;
  4. Melakukan pembelaan terhadap pengaduan dan tuntutan yang tidak sesuai dengan kenyataan dalam penyelenggaraan pelayanan publik;dan
  5. Menolak permintaan pelayanan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan

Hak untuk memberikan pelayanan tanpa dihambat pihak lain yang bukan tugasnya dan hak menolak permintaan pelayanan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undang dimaksudkan untuk menjamin kemandirian dan independensi BPJS dalam memberikan pelayanan publik sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam menyelenggarakan pelayanan publik di bidang jaminan soaial BPJS harus dijamin  bebas dari hambatan, pengaruh/intervensi pihak lain yang tidak  berkompeten. Tindakan BPJS menolak permintaan pelayanan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan adalah sah, karena dijamin oleh Undang-Undang. BPJS harus berani menolak permintaan pelayanan yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sebab BPJS menyelenggarakan jaminan sosial atas mandat peraturan perundang-undangan.

Dengan demikian BPJS dapat melaksanakan tugasnya secara profesional dengan dedikasi dan integritas yang tinggi untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas sesuai dengan asas penyelenggaraan pelayanan publik, yaitu kepentingan umum, kepastian hukum, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban, keprofesionalan, partisipatif, persamaan perlakuan/tidak diskriminatif, keterbukaan,akuntabilitas, fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan, ketepatan waktu, dan kecepatan, kemudahan, serta keterjangkauan.

Untuk menghadapi pengaduan dan tuntutan yang tidak sesuai dengan kenyataan dalam penyelenggaraan pelayanan publik adalah wajar jika BPJS diberi hak melakukan pembelaan, demi menegakkan objektivitas dalam penanganan pengaduan dan tuntutan dari pihak tertentu. Di sisi lain, pihak yang hendak mengajukan pengaduan atau tuntutan agar tidak mengajukan pengaduan atau tuntutan yang tidak sesuai dengan kenyataan atau tidak berdasar. Hanya jika ada cukup bukti pengaduan dan tuntutan diajukan untuk mendapat penanganan secara adil. Dengan demikian pengaduan dan tuntutan akan menjadi sarana kontrol sosial yang efektif guna meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh BPJS.

 


 

© MARTABAT, November 2011

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
BPJS BERHAK MEMBERI PELAYANAN TANPA DIHAMBAT PIHAK LAIN
http://www.jamsosindonesia.com/cakrawala/bpjs_berhak_memberi_pelayanan_tanpa_dihambat_pihak_lain
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2016