jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Cakrawala - Arti Jaminan Sosial Bagi Anda

Oleh: A. A. Oka Mahendra, S. H (Ahli Peraturan Perundang-Undangan Martabat) 04 December 2013

Jaminan sosial adalah hak setiap orang yang dijamin dalam konstitusi.

Jaminan sosial yang dikehendaki konstitusi adalah jaminan sosial yang memungkinkan setiap orang untuk mengembangkan dirinya sebagai manusia yang bermanfaat.

Konstitusi mengamanatkan Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat.  Artinya, seluruh rakyat Indonesia tanpa kecuali, laki maupun perempuan,kaya maupun miskin,tua maupun muda, sehat atau sakit, harus tercakup dalam sistem jaminan sosial yang dikembangkan oleh Negara.

Sistem jaminan sosial merupakan fondasi bagi seluruh rakyat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak dan meningkatkan martabatnya, menuju terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Anda, seperti halnya rakyat Indonesia pada umumnya memerlukan sistem jaminan sosial yang kuat untuk menjamin masa depan kehidupan anda.

Jaminan sosial itu penting untuk menanggung risiko apabila terjadi hal-hal yang mengakibatkan berkurang bahkan hilangnya pendapatan anda karena menderita sakit, mengalami kecelakaan kerja, kehilangan pekerjaan, memasuki usia lanjut atau pensiun.

Program jaminan sosial dirancang untuk menanggung berbagai risiko  yang mungkin anda hadapi dalam perjalanan hidup anda, terutama di hari tua kelak, agar anda tetap dapat hidup layak.

Jaminan Sosial Pilihan Untuk Menjamin Tetap Hidup Layak

Anda mungkin bisa menabung atau menginvestasikan dana yang anda peroleh selama aktif bekerja untuk menjamin masa depan anda. Tetapi, tidak semua orang bisa melakukannya.  Baik karena pendapatanya pas-pasan maupun karena kawatir tabungan digerogoti inflasi dan iklim investasi yang tak kunjung kondusif untuk jangka panjang. 

Mungkin anda tergolong orang yang tidak mampu menyisihkan penghasilan anda untuk menabung atau memiliki dana lebih tetapi was-was berinvestasi.Atau anda dikaruniai usia panjang diatas rata-rata usia harapan hidup rakyat Indonesia yang memerlukan cukup banyak dana pada masa tua anda yang penuh risiko yang tidak bisa diduga.

Jaminan sosial merupakan salah satu pilihan untuk menjamin agar anda tetap dapat hidup layak. Bebas dari kekawatiran jika sakit, mengalami kecelakaan kerja atau bahkan menghadapi kematian.

Sistem jaminan sosial nasional menurut Undang-Undang Sistem Jaminan Sosial Naional(UU SJSN) menyediakan program jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kematian buat anda dan keluarga anda.

Manfaat program tersebut dijamin oleh Peraturan Perundang-undangan dan terproteksi dari ancaman inflasi.

UU SJSN menentukan kepesertaan dalam program jaminan sosial bersifat wajib.  Artinya setiap orang yang memenuhi syarat diwajibkan oleh Undang-Undang menjadi peserta jaminan sosial.

Maksudnya agar seluruh rakyat menjadi peserta jaminan sosial sehingga terlindungi dalam hal mengalami risiko dalam perjalanan hidupnya.

Meskipun kepesertaan bersifat wajib, tidak berarti bahwa dengan sendirinya sistem jaminan sosial akan melindungi anda.

Anda harus aktif mendaftarkan diri, menyampaikan data diri anda dan keluarga, termasuk penghasilan anda, serta memenuhi kewajiban anda membayar iuran secara berkala kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sesuai dengan program yang anda ikuti.

Jika anda pemberi kerja, anda wajib mendaftarkan diri anda dan pekerja anda untuk menjadi peserta program jaminan sosial, menyampaikan data mengenai perusahaan dan pekerja anda secara benar dan akurat, memungut iuran dari pekerja anda, menambahkan dengan iuran yang menjadi kewajiban anda sebagai pemberi kerja dan menyetorkannya ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Manfaat Finansial dan Pelayanan Kesehatan

Dengan memenuhi kewajiban sebagai peserta anda dan keluarga berhak memperoleh manfaat jaminan sosial sesuai degan program yang anda ikuti.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial bertanggung jawab untuk memberikan manfaat atas program jaminan sosial yang anda ikuti sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

Mulai 1 Januari 2014 nanti  jaminan sosial akan diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan sebagai transformasi dari PT Askes (Persero) untuk program jaminan kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan untuk program jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kematian.

Dengan catatan bahwa BPJS Ketenagakerjaan beroperasi menyelenggarakan ke empat program tersebut paling lambat mulai 1 Juli 2015.  Mulai 1 Januari 2014 sampai beroperasinya BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan transformasi dari PT Jamsostek (Persero) menyelenggarakan program jaminan kecelakann kerja, program jaminan hari tua dan program jaminan kematian.

Jaminan sosial memberikan manfaat finansial atau pelayanan kesehatan, sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan, bagi peserta yang memenuhi kewajibannya, termasuk bagi anggota keluarganya.

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Arti Jaminan Sosial Bagi Anda
http://www.jamsosindonesia.com/cakrawala/arti_jaminan_sosial_bagi_anda
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2016