jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Cakrawala - 5 Isu SJSN Terpenting Selama Bulan Juni 2019: Masih Tentang Akreditasi RS, Capaian Kinerja BPJSTK, dan Kenaikan Manfaat Jaminan Kematian

Oleh: Asih Eka Putri & Khansa Asikasari 04 July 2019

12 Rumah Sakit Belum Penuhi Syarat Akreditasi BPJS Kesehatan

Hasil kompromi di Komisi IX DPR pada 9 Januari 2019 masih menyisakan sejumlah RS yang tengah bermitra dengan BPJS Kesehatan namun belum terkreditasi atau belum memperpanjang akreditasinya (re-akreditasi).  12 RS belum mengajukan akreditasi dari 720 rumah sakit yang bermitra dengan BPJS Kesehatan tanpa .  Seluruh RS tersebut tengah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.   Pada awal Januari 2019 Menteri Kesehatan merekomendasikan mereka untuk melanjutkan kerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam pelayanan JKN.

Selain itu, kini  tinggal tiga RS yang yang belum memperoleh  re-akreditasi dari 128 RS yang masa berlaku akreditasinya habis pada Juni 2019.  Untuk 86 RS yang berada di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar), Kementerian Kesehatan, BPJS kesehatan, dan KARS akan memberikan pembinaan khusus kepada pengelola RS agar bisa melakukan akreditasi.

BPJS Kesehatan menegaskan bahwa pihaknya tidak akan memperpanjang kerja sama dengan RS yang tidak memiliki komitmen untuk berupaya mendapatkan akreditasi sebelum tenggat. Selengkapnya baca di sini.

Sri Mulyani Keberatan Kemenkeu Jadi Pembayar Pertama Gagal Bayar BPJS Kesehatan

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPR pada Senin, 27 Mei 2019 lalu, BPKP memaparkan hasil audit terhadap BPJS Kesehatan yang menunjukan kewajiban bayar BPJS Kesehatan hingga Desember 2018 mencapai Rp. 19,41 trilun. Dari keseluruhan kewajiban, sebagian telah diselesaikan melalui mekanisme bantuan pemerintah sebesar Rp. 10,26 triliun, sehingga tersisa 9,1 triliun.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) keberatan menjadi pembayar pertama gagal bayar BPJS Kesehatan karena Kementerian Keuangan tidak memberikan pembayaran untuk hal-hal yang seharusnya bisa diselesaikan oleh institusi-institusi yang memiliki tugas dan tanggung jawab tersebut. Sri Mulyani mengatakan Kemenkeu akan meminta agar BPJS Kesehatan memberikan rencana aksi beserta lini waktu untuk mengurangi gagal bayar Rp. 9,1 triliun. Selengkapnya baca di sini.

Per April, Dana Kelolaan BPJS Ketenagakerjaan Tembus Rp. 386,5 Triliun

BPJS Ketenagakerjaan menyatakan per April 2019, dana kelolaan BPJS Ketenagakerjaan telah mencapai Rp. 386,5 triliun. Angka ini meningkat 17% dari periode yang sama di tahun 2018.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto mengatakan walaupun kondisi pasar modal sedang mengalami tekanan selama 2019 ini, BPJS Ketenagakerjaan berhasil membukukan hasil investasi sebesar Rp. 9,24 triliun, dengan yield on investment (YOI) mencapai 7,37 persen.

Selengkapnya baca di sini.

LK dan LPP BPJS TK Tahun 2018 Raih Predikat WTP

BPJS Ketenagakerjaan mkembali mencatatkan kinerja keuangan yang menggembirakan untuk tahun 2018. Berdasarkan hasil audit terhadap Laporan Keuangan (LK) tahun yang dilakukan oleh Kantor Audit Publik (KAP), BPJS Ketenagakerjaan berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Sedangkan audit atas Laporan Pengelolaan Program (LPP) tahun 2018, meraih predikat asuransi sesuai dengan (comply with) kriteria yang berlaku pada PerPres No. 108 Tahun 2013. Selengkapnya baca di sini.

BPJS Ketenagakerjaan: Penyesuaian Manfaat Diharapkan Dorong Pelaku Usaha Mendaftarkan Pekerjanya

Penyesuaian manfaat bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pelaku usaha untuk mendaftarkan pekerjanya secara penuh ke dalam program wajib Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, menjelaskan saat ini revisi peraturan pemerintah yang mengatur besaran manfaat bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan tengah disusun. Draft regulasi itu sedang dalam tahap harmonisasi peraturan. Revisi PP tersebut di antaranya meningkatkan manfaat bagi peserta yang meninggal dunia dari Rp. 24 juta menjadi Rp. 42 juta. Selengkapnya baca di sini.

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
5 Isu SJSN Terpenting Selama Bulan Juni 2019: Masih Tentang Akreditasi RS, Capaian Kinerja BPJSTK, dan Kenaikan Manfaat Jaminan Kematian
http://www.jamsosindonesia.com/cakrawala/5_isu_sjsn_terpenting_selama_bulan_juni_2019_masih_tentang_akreditasi_rs_capaian_kinerja_bpjstk_dan_kenaikan_manfaat_jaminan_kematian
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2019