jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Cakrawala - Daftar Kolektif, Mempersingkat Waktu Tunggu BPJS Kesehatan

Oleh: Asih Eka Putri & Khansa Asikasari 09 November 2018

BPJS Kesehatan memberlakukan dua ketentuan waktu tunggu kepada pekerja  bukan penerima upah (PBPU) yang akan mendaftarkan pertama kali dirinya dan anggota keluarganya. Ketentuan waktu tunggu tergantung pada cara mendaftar dan membayar iuran, yaitu pendaftaran sendiri dan pendaftaran berkelompok. Calon peserta PBPU dapat mendaftarkan dirinya dan anggota keluarganya secara langsung kepada BPJS Kesehatan atau secara kolektif, bersama-sama dengan keluarga lainnya dalam satu wadah/kelompok.

Sebelum calon peserta membayar iuran pertama kali, BPJS Kesehatan melakukan verifikasi pendaftaran dalam waktu 14 hari sejak pendaftaran.  Setelah verifikasi pendaftaran dinyatakan layak, calon peserta PBPU yang mendaftar berkelompok dapat langsung membayar iuran.

Lain halnya bagi calon peserta PBPU yang mendaftar sendiri-sendiri, pembayaran iuran pertama boleh dilakukan setelah 14 hari sejak BPJS Kesehatan menyatakan layak berdasarkan verifikasi pendaftaran.  Dengan demikian, pendaftar perorangan harus menunggu  selama 28 hari untuk sah dinyatakan sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional.

BPJS Kesehatan mendorong masyarakat yang bekerja mandiri untuk  mendaftar secara berkelompok bersama keluarga-keluarga lainnya.  Keuntungan yang diberikan adalah waktu tunggu membayar iuran 14 hari lebih singkat, sehingga pelayanan kesehatan dapat diperoleh 14 hari lebih cepat.

BPJS Kesehatan memberlakukan waktu tunggu pembayaran iuran pertama sesuai ketentuan Peraturan Presiden No. 82 Tahun 2018.  Dasar hukum pemberlakuan waktu tunggu diatur dalam Perpres Nomor 82 Tahun 2018 sebagai berikut:

1. Pasal 1 angka 2

Peserta adalah setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 (enam) bulan di Indonesia, yang telah membayar Iuran Jaminan Kesehatan”

2. Pasal 15 ayat (1)

Setiap PBPU dan BP wajib mendaftarkan dirinya dan anggota keluarganya secara sendiri-sendiri atau kolektif sebagai Peserta Jaminan Kesehatan pada BPJS Kesehatan dengan membayar Iuran

3. Pasal 15 ayat (2)

BPJS Kesehatan harus melakukan verifikasi pendaftarkan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dalam waktu 14 (empat belas) hari sejak pendaftaran

4. Pasal 15 ayat (3)

Pendaftaran bagi Peserta PBPU atau Peserta BP yang dilakukan secara sendiri-sendiri, pembayaran Iurannya dapat dilakukan setelah 14 (empat belas) hari sejak dinyatakan layak berdasarkan verifikasi pendaftaran”

 

Simak simulasi garis waktu pendaftaran dan penjaminan pertama kali peserta PBPU:

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Daftar Kolektif, Mempersingkat Waktu Tunggu BPJS Kesehatan
http://www.jamsosindonesia.com/cakrawala
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2016